~~~ by Farah Zakiyah Rahmanti ~~~

Siapa sih yang tidak kenal Google ? Google merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang terkenal melalui mesin pencarinya.
Selain itu, kita juga sering menggunakan Google Chrome, Youtube, Gmail, dan Google Maps. Nah, tahukah kamu kalau Google juga membuat smart vehicle atau lebih dikenal dengan “Google Self Driving”. Setelah sukses membuat smart bike atau lebih dikenal dengan “Google Self Driving Bike”, saat ini Google telah merilis smart car yang dikenal dengan “Google Self Driving Car”. Beberapa sensor terpasang pada mobil, diantaranya adalah kamera 360 degrees, lidar, radar, GPS, dan wheels encoder.

Berbicara tentang teknologi yang dipakai oleh Google dalam membuat smart vehicle ini tak luput dari topik kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Yang mana sebuah mesin mampu berpikir dan mengambil keputusan layaknya manusia. Mesin disini bisa kita anggap sebagai sepeda atau mobil. Bagaimana sepeda dapat seimbang berjalan dan tidak jatuh. Bagaimana sepeda dapat mendeteksi lampu lalu lintas. Bagaimana mobil dapat mendeteksi adanya obyek bergerak disekelilingnya. Bagaimana mobil dapat mengambil keputusan secara mendadak jika tiba-tiba ada obyek bergerak di depan/ di samping/ di belakang mobil. Nah, semua itu dipelajari dalam Mata Kuliah Kecerdasan Buatan yang ada di prodi Teknologi Informasi Institut Teknologi Telkom Surabaya. Mari bergabung bersama kami dalam mewujudkan smart transportation di Indonesia.