Pada tanggal 12 Maret 2019, Prodi Teknologi Informasi mengadakan kuliah tamu sekaligus pembuka kuliah perdana kelas Komunikasi Data. Kuliah tamu tersebut dihadiri oleh Bapak Warek II, Dosen dan mahasiswa IT, serta beberapa mahasiswa dari jurusan lain. Kurang lebih sekitar 48 mahasiswa hadir mengikuti kuliah tamu yang di isi oleh Tiyo Avianto selaku Komisaris PT Java Surya Teknik dan pendiri Cubeacon. Bagi yang sudah berkecimpung di dunia iphone, pastinya sudah mengetahui tentang teknologi yang digunakan oleh Cubeacon.
Kuliah tamu kali ini mengenai sinergi Internet of Things dengan bidang Maritim, Transportasi, dan Logistik. Bapak Tiyo Avianto menjelaskan mengenai makna dari Internet of Things, teknis penggunaan di bidang MTL, dan industri terkait IoT.

“IoT (Internet of Things) is not just about sensors connected to the Internet…
It is an environment that enables us to analyze and provide knowledge,
increasing revenue stream, and provide valuable data for users.”, tulis Bapak Tiyo.

Selain memberikan kuliah tamu, Bapak Tiyo juga menceritakan pengalamannya selama merintis Cubeacon serta pengimplementasiannya di industri. Pada saat sesi tanya jawab, mahasiswa terlihat antusias untuk menyampaikan ide-ide mereka terkait IoT. Selain memberikan feedback terhadap ide para mahasiswa, Bapak Tiyo juga memberikan saran untuk melengkapi ide dari para mahasiswa. Setelah kuliah tamu selesai, Bapak Tiyo juga menyampaikan kesiapan kerjasama dengan ITTelkom Surabaya jika ada mahasiswa yang ingin melakukan kerja praktek di perusahaannya. Semoga inisiasi baik untuk melakukan kerjasama ini bisa segera terealisasi.

-OKT-